talkshow

Agung&Fathia: Tips n Trick For New Youtubers

05.02.00 Athia ZF 0 Comments

Youtube.com sudah tidak asing lagi di telinga netizen dunia maupun Indonesia. Tak hanya menonton video, belakangan mulai bermunculan para youtube creator, sebutan bagi mereka yang membuat konten video kemudian diupload di Youtube. Konten yang mereka buat sangat beragam, mulai fashion, beauty, gaming, cinematografi, musik, komedi, teknologi, sampai kegiatan sehari-hari.

Minggu (4/12) lalu, saya berkesempatan mengikuti talkshow dua youtuber muda Indonesia yang merupakan salah satu segmen dari event IDN Creativefest. Fathia Izzati atau biasa dipanggil Chia adalah mahasiswi Fakultas Hukum UI  sementara Agung adalah siswa SMAN 1 Tanah Grogot, Kaltim.

Sebenarnya ada beberapa youtuber atau influencer lain yang juga diundang dalam event ini, namun dibagi dalam beberapa hari. Untuk masuk venue sama sekali tidak dikenakan biaya alias free entry! IDN Creativefest ini berlokasi di PTC Surabaya-- yang sayangnya nan jauh dari rumah saya, jadi saya cuma bisa memilih satu hari untuk didatangi. Akhirnya saya memilih hari dimana dua youtuber muda ini hadir. Sesi mereka terbagi menjadi dua, yakni di stage utama dan stage exlusive (meet and greet), perbedannya yang kedua tentu berbayar, yakni 200rb
"Piye kabare rek?" Fathia mencoba menyapa audience dengan bahasa suroboyoan. Ini kali pertama ia datang ke Surabaya--sama halnya dengan Agung. Mereka kemudian saling sharing awal memasuki dunia youtube sampai suka-duka yang mereka alami.
Fathia mulai dikenal netizen melalui video 21 Accent yang ia upload tiga tahun lalu. Kemudian seiring waktu ia juga membuat konten cover lagu dengan ukulelenya.
Sementara Agung, bukan sekedar youtuber muda. Gaya bicara dan topik berbobot yang ia bawa seringkali bikin saya lupa kalau kita seumuran, hehe. Dalam beberapa videonya ia berbicara dengan bahasa Inggris. Teknik pengambilan video sampai pengeditannya pun mengesankan para netizen. Video yang ia buat beragam segmentasinya, ada yanng sekedar vlog (video-blog) dengan teman-teman SMAnya, tutorial Adobe Premiere, review film, dll.
 

Ini kali pertama Agung meet up sama Fathia. ah, they're so cute, right?
 
Dari pembicaraan hari itu, ada beberapa tips&trick dari mereka untuk kalian yang ingin jadi youtuber. Here it is...
Buat konten yang kamu suka
"Sering ada yang dateng ke aku nanya, Gung, kontenku nggak terlalu bagus sih tapi gimana biar orang pada nonton?....Ya kalo kamu sendiri nggak suka kontenmu, gimana orang lain?" kemudian Agung melanjutkan,"So, content is key. Make sure your content is good, and i promise you other people will watch"
Sabar
"Banyak yang pingin langsung viral. Memungkinkan memang, namun small chance. Kalau memang ingin jadi youtuber, you have to be patient. Masa baru upload satu udah langsung down kalo ga ada yang nonton."
Nggak butuh gadget mahal

Make sure kamu tau siapa kometitormu. 
Agung melihat di Indonesia belum banyak youtuber yang membuat konten seperti yang ia tekuni sekarang. Jadi, ketika ia masuk dunia Youtube, bisa dibilang ia membuat 'rak baru'. "I have no competition" katanya. Akan menjadi cerita yang berbeda jika ia masuk dengan video gaming, karena secara tidak langsung ia akan berkompetisi dengan youtuber gaming Indonesia yang sudah banyak dikenal seperti Reza Arap, ganteng gaming, dsb."You have to be smart on what type of content you want to make" ujar Agung untuk para new youtuber.
Mengkonsumsi media berkualitas dan positif
Konten yang dihasilkan sangat tergantung dengan kualitas media yang dikonsumsi.
"Ketika kalian mengonsumsi hal-hal yang 'buruk' atau bisa dibilang innapropriate, konten yang kamu buat nanti akan mirip seperti yang kamu konsumsi tadi" kata Agung.

Jadi youtuber ternyata bukan hanya soal punya kamera, syuting, edit, kemudian upload. Semua butuh proses dan bisa jadi itu tidak sebentar. Fathia dan Agung sependapat tentang mulailah dengan hal yang kamu suka, dengan begitu mau bagaimanapun respon publik, berapapun viewsnya, dan berapa lama untuk mencapai ribuan subscriber, kamu nggak bakal gampang down ketika semua itu tidak sesuai ekspetasimu. Kabar baiknya, kamu bakal enjoy, merasa senang-senang aja melakukan itu karena kamu punya passion disana.
Terimakasih Agung dan Fathia atas sharingnya, you guys are so inspiring.(and cute). Terimakasih juga untuk kamu yang mampir ke postingan ini, sampai jumpa di lain cerita.

You Might Also Like

0 komentar: